D/H SEMINARI THEOLOGIA EKSTENSION PEMULIHAN

Sabtu, 29 Mei 2010

DASAR UMUM &LATAR BELAKANG

Dasar Umum dan Latar Belakang

Menyambut penuaian global di akhir saman tentunya bertambah lagi satu Sekolah Tinggi Theologia tidak menjadi masalah karena tuaian jiwa-jiwa akan semakin banyak di akhir-akhir ini dan manusia akan mnecari kebenaran yang hakiki yang dapat menjawab kebutuhan esensial hidup manusia dan hal itu hanya didapatkan lewat kebenaran Firman Allah dan Theologia
Di samping itu dari prespektif masa depan kota manado sebagai kota pariwisata dunia tahun 2010, ini akan melahirkan suatu kawasan global yang menjadi pusat ekonomi pariwisata, sosial, agama, maupun pendidikan. Diharapkan para pemuda-pemudi dari Indonesia Timur maupun diseluruh Indonesia bahkan dari seluruh dunia. Bila dahulu Universitas Vriye Rotterdam,Notredame & sorbonne Paris, Tubingen Jerman, Pricenton, Harvard,Yale,West Point Amerika Serikat jadi pusat pendidikan di dunia barat dan tidak mustahil kota Manado dan daerah Minahasa selain merupakan daerah pariwisatadan perdagangan dunia juga akan menjadi pusat pendidikan dan penginjilan dunia.
Berdasarkan fakta diatas maka kehadiran sekolah-sekolah Theologia masih sangat dibutuhkan secara regional dan Nasional. Gereja sangat membutuhkan tenaga-tanaga terampil rohani dan berwawasan Theologia dan Alkitabiah yang luas. Output STT bukan hanya menjadi Pendeta, tapi juga Imam-Imam yang bekerja diseluruh aspek,vokesyen dan profesi . Kita mngharapkan”imamat rajani” dalam arti pemimpin-pemimpin sekuler dalam dunia ekonomi,politik, sosial, keluarga juga merangkap pemimpin rohani (imam-imam). Dalam pengertian inilah kita membutuhkan ribuan tamatan Sekolah Alkitab dan Sekolah Tinggi Theologia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus memasyarakatkan wawasan Alkitab dan Theologia kepada seluruh aspek kehidupan.
Ada pakar Theologia menyatakan abad 21 adalah tahun kebangkitan kaum awam (the day of saints) .Sekarang adalah harinya umat percaya ;Samannya kaum awam seperti halnya kaum awam pada saman Gereja Perdana. Allah akan membangkitkan kelima jawatan (rasul,nabi, penginjil, gembala dan guru). untuk melatih dan mendidik umat Tuhan ,anggota-anggota jemaat dan kaum awam untuk diperlengkapi melayani penuaian global. STT Transformasi Indonesia dan sekolah Theologia lainnya dipenuhi dengan hamba-hamba Tuhan yang memiliki karunia lima jawatan untuk memperlengkapi mahasiswa dan kaum awam pada umumnya. Sekarang tibalah saatnya kaum awam tamatan sekolah Alkitab/ Theologia akan memegang posisi penting dalam masyarakat, contoh yang rill di depan sekarang ini sudah ada tamatan sekolah alkitab menjadi bupati atau anggota dewan dan banyak pengusaha-pengusaha menjadi penginjil/pendeta dan artis-artis belajar alkitab dan aktif dalam pelayanan.
Memang kebenaran yang sejati hanya didalam Alkitab dan
Theologia. Theologia adalah ratu dari semua ilmu pengetahuan(The Queen on Sciences) dan bukan ilmu filsafat.filsafat hanyalah fatamorgana dan bukan realita Firman Allah yang ada dalam Alkitab telah di sistematiskan dalam Theologia dan di ajarkan dengan rapih,sistematis, terstruktur. Sekolah theologia akan menghasilkan Kebenaran yang dirindukan oleh masyarakat masa kini.
Mengapa pada masa yang lalu Theologia dan Alkitab tidak menarik malah membosankan(boring), kesalahan tidak terletak pada Theologia tapi ada orang-orang yang menginterpretasikan dan mengaplikasikannya Kebanyakan orang menggali(eksegesa) dan menerapkannya berdasarkan akal dan rasio semata(Anthroposentris), dan tidak melibatkan hati dan roh(Illumination), Alkitab dinterpretasikan secara dalam dan dengan kata-kata yang melambung tinggi(sok Elit Intelektualisme) sehingga sulit dijangkau oleh masyarakat awam(nenek dlm gereja tidak mengerti bhs Gerika dan pemikiran fisafat} Sekarang ini Seolah Tinggi Thelogia Kharismatika membawai Theologia secara realitas pengalaman kehidupan sehari-hari bagi kita .Dengan kata lain Theologia yang membawa Allah yang transenden bisa menyentuh manusia dan menjawab doa serta memenuhi kebutuhan manusia dan memberi solusi bagi pergumulan serta menyembuhkan penyakit jasmani dan rohani. Itulah sebabnya Sekolah Alkitab,dan Sekolah Tinggi Theologia dan Sekolah Orientasi Melayani(SOM) dikalangan karismatik dibanjiri oleh umat yang haus kebenaran. sama seperti orang yang menghadiri kebangunan rohani di gereja, ada gereja yang dipenuhi 20.000 orang sekali beribadah dan SOM diikuti oleh 1500 orang .Sekolah Theologia akan dibanjiri peminatnya asalkan mengajarkan Kebenaran yang hidup dan diurapi dan memiliki Logos dan Rhema serta Kebenaran yang menjawab kebutuhan rill manusia seutuhnya -Tubuh ,jiwa dan roh (holistik) –




Belajar Dari Sejarah Pendidikan di Amerika Serikat
Kita menoleh sejenak pada awalnya pendidikan modern di AS adalah bermula pada pendidikan Alkitab dan Theologia .Jadi Universitas terkenal di dunia seperti Harvard, Princeton, Yale adalah berasal dari Sekolah Thelogia. Pendiri sekolah-sekolah ini adalah berasal dari kaum Puritan dan Pietisme dari Eropa dan mereka memulaikan sekolah di Gereja (one room school house) .Suatu contoh Universitas Princeton (1746) memproduksi pemimpin Amerika Serikat seperti James, Benyamin Franklin dan Jhon Witherspoon. John Witherspoon adalah seorang pendeta dan rektor STT (Seminari Princeton dan Universitas Princeton 1768-1776) dan dia adalah anggota konggres utusan negara bagian New Jersey selama bertahun-tahun ia memimpin Universitas princeton. Sarjana yang diwisuda berkisar 17-28 tahun, dalam jangka waktu 9 tahun Witherspoon mengajar, sekolah ini mempoduksi 1 Presiden, 1 Wakil Presiden, 3 Jaksa Agung, 12 Gubernur, 2 Senator, 3 anggota Kongres dan banyak pejabat-pejabat lain dan sepertiga bapak bangsa (founding Father) AS adalah tamatan Universitas Princeton. Contoh lain Universitas Harvard telah meproduksi pemimpin seperti Jhon c Adams, Quincy Adams, John Hancock JohnAdam, Samuel Adam Tujuan pendidikan umum Harvard adalah “to grow in Jesus Christ) dan persyaratan mahasiswa adalah every one shall exercise himself and reading the scriptures twice a day”bahkan membaca Alkitab dalam bahasa asli Gerika dan dalam bahasa Inggris , Universitas Yale juga melahirkan pemimpin-pemimpin Amerika seperti William Samuel Jhonson, Abraham Baldwin, persyaratan universitas ini adalah “seeing that God is the giver of all wisdom, every student beside is private and secret prayer, will be present morning and evening for public prayer”.
Dan kalau kita bertanya kenapa konstitusi AS tetap bertahan lebih dari 200 tahun (Itali 54 konstitusi dalami 200 tahun, Perancis 8 konstitusi) jawabannya adalah para bapa Bangsa(founding father) membangun bangsanya atas dasar yang abadi yaitu Akitab (firman Allah).Abraham Lincoln berkata “Philosophy of the school room in one generation will be the philosophy of government in the next” falsafah dari ruangan kelas dalam satu generasi akan menjadi falsafah negara pemerintah di generasi ber ikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar